BERITA

BOLEH TUA ASAL TIDAK LUPA

“Boleh tua asal tidak lupa. Masa lansia masa bahagia” Begitulah kira-kira yang diharapkan di masa menginjak usia lansia. Lupa merupakan hal biasa tetapi jika berulang-ulang maka bisa bukan lagi menjadi biasa. Lupa berbeda halnya dengan pikun. Perbedaan lupa dan pikun dapat digambarkan sebagai berikut :

LUPA

PIKUN

• Lupa nama orang yang jarang ketemu

• Sesekali kesulitan menemukan kata yang tepat saat berbicara

• Ingat hal penting, pembicaraan tidak terganggu

• Pelupa karena gangguan pemusatan perhatian sementara

•       Lupa nama orang yang sering ketemu

• Sering kesulitan menemukan kata yang tepat saat berbicara

• Sering lupa hal yang penting, kemampuan bicara sangat terganggu

• Pikun karena fungsi kognitif menurun disertai gangguan kesehatan

Hal tersebut disampaikan oleh Dewi Nugraheni, Psikolog Puskesmas Prambanan dalam kegiatan Bimtek (Bimbingan teknik) kader lansia pada hari Sabtu, 18 September 2021 di Aula Puskesmas Prambanan.

Pengertian demensia sendiri merupakan gangguan otak progresif yang dapat mengganggu fungsi kehidupan sehari – hari dan hilangnya fungsi kognitif kronis yang berkembang dalam jangka waktu panjang. Seseorang dikatakan menderita demensia apabila ada bukti yang signifikan terkait kinerja kognisinya.

Lansia merupakan salah satu kelompok resiko Covid-19. Penyehatan lansia bertujuan untuk meminimalisir dampak Covid 19 pada lansia baik yang terkena maupun yang tidak. Lansia penderita Dementia akan mendapatkan beban lebih jika terkena Covid 19. Untuk itu Pemahaman Dementia pada lansia sangat penting dalam hal ini. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator UKM Pengembangan Puskesmas Prambanan drg Dyah Nugraheni yang bekerjasama dengan koordinator lansia, Indra Budiyatni menyelenggarakan kegiatan acara tersebut. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Puskesmas Prambanan Toto Suharto, S.KM, M.Kes.

Kegiatan acara berpedoman pada protokol kesehatan , ditambah semua peserta sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *