Profil

VISI DAN MISI PUSKESMAS PRAMBANAN SLEMAN

A. VISI

Visi Puskesmas Prambanan Sleman

“Menjadi Puskesmas yang Unggul dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat.”

Ada beberapa unsur pokok yang terkandung dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang unggul (service excellence) yaitu : Kecepatan, Ketepatan, Keramahan dan Kenyamanan. Keempat komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang integrasi, artinya pelayanan kesehatan masyarakat menjadi tidak excellence bila ada komponen yang kurang, sehingga kualitas layanan yang baik akan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat/pelanggan.

 B.  MISI

Untuk Mewujudkan Visi Menjadi Puskesmas yang Unggul dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat.” Ditetapkan lima misi yaitu :

1. Memberikan pelayanan yang berkualitas

2. Meningkatkan profesionalisme petugas

3. Memberdayakan masyarakat menuju kemandirian

4. Pengelolaan manajemen puskesmas yang efektif dan efisien

5. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai

 

TUJUAN STRATEGI PUSKESMAS PRAMBANAN SLEMAN

Tujuan Strategi dalam rangka menyelenggarakan misi tersebut untuk mencapai Unggul dalam pelayanan kesehatan adalah sebagai berikut :

Tujuan Strategi dalam mewujutkan misi 1 

Memberikan Pelayanan yang berkualitas adalah meningkatkan minat masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas dengan sasaran meningkatnya jumlah pasien rawat jalan di Puskesmas induk,Pustu,dan Pusling

Tujuan Strategi dalam mewujudkan misi 2

Meningkatkan profesionalisme petugas, dengan diterapkannya kompetensi petugas masing-masing profesi sesuai dengan kewenangan sehingga mampu menjaga mutu pelayanan. Sasarannya terlaksananya pelayanan sesuai job description masing-masing.

Tujuan Strategi dalam mewujudkan misi 3

Memberdayakan masyarakat menuju kemandirian dengan tujuan meratanya jangkauan pelayanan kesehatan, dengan sasaran intervensi masalah-masalah kesehatan yang muncul di masyarakat.

Tujuan Strategi dalam mewujudkan misi 4

Pengelolaan manajemen puskesmas yang efektif dan efisien, adalah terlaksananya proses pelayanan yang cepat , tepat dan akurat.dengan cara petugas memberikan pelayanan yang prima

Tujuan Strategi dalam mewujudkan misi 5

Menyediakan sarana dan prasaran yang memadai adalah tersedianya tempat layanan kesehatan yang representatif sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan sehingga meningkatnya kemudahan petugas dalam memberikan pelayanan dan mudahnya masyarakat mengakses pelayanan kesehatan masyarakat.